≡ Menu

Ampuh! Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Mendapatkan kembali bentuk badan setelah melahirkan adalah tantangan tersendiri bagi setiap wanita. Hal ini sendiri tergolong sebagai keluhan umum bagi para ibu-ibu muda.

Bagian tubuh seperti perut dan pinggul akan membesar pasca melahirkan dan butuh waktu yang lama untuk mengembalikan bentuknya. Kondisi inilah yang membuat mereka menjalankan program diet tertentu.

Meskipun hal ini sah-sah saja untuk dilakukan, namun sebaiknya jangan menerapkan program diet sesegera mungkin setelah Anda melahirkan. Ada baiknya jika Anda memberikan jeda bagi tubuh agar bisa pulih terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Menurunkan Berat Badan 10Kg dengan Cepat

7 Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Sebenarnya, diet yang terlalu ketat hanya akan mendatangkan hal-hal negatif terhadap Anda dan juga bagi sang bayi. Perlu dipahami bahwa tumpukan lemak di perut pasca melahirkan umumnya merupakan hal yang bersifat sementara.

Jika disertai dengan aktifitas menyusui, maka bentuk perut tersebut akan kembali dalam beberapa bulan. Adapun tujuan dari diet yang digabungkan dengan latihan khusus adalah untuk mengurangi berat badan secara keseluruhan.

Nah, berikut beberapa cara alami yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan perut yang ramping setelah melahirkan.

Baca juga: Cara Mengecilkan Lingkar Perut dengan Mudah dan Aman

Kayu Manis

Masukkan 2-3 inci kayu manis ke dalam 2 liter air yang ditambahkan dengan 2-3 biji cengkeh. Masak selama 5-10 menit, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut selama 40 hari berturut-turut.

tips mengecilkan perut setelah melahirkan

Tambahkan Madu ke dalam Ramuan untuk Mendapatkan Rasa yang Nikmat
(Foto: http://id.tubgit.com)

Agar mendapatkan rasa yang nikmat, maka tambahkanlah madu ke dalam ramuan tersebut. Khasiat dari kayu manis ini sudah dikenal lama oleh masyarakat tradisional Indonesia sebagai ramuan untuk merampingkan perut.

Sayuran dan Sup

Lebih seringlah mengonsumsi sup yang berbasis kaldu seperti kubis, brokoli, kale, kubis, dan bunga kol.

tips mengecilkan perut setelah melahirkan

Perbanyak Konsumsi Sup Brokoli untuk Mengurangi Tumpukan Lemak di Perut
(Foto: http://id.tubgit.com)

Kelompok makanan nabati seperti ini memiliki kandungan fitonutrien tertentu yang membantu untuk mengurangi tumpukan lemak di perut.

Diet Seimbang

Tips mengecilkan perut setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan menjalankan diet yang sehat. Adapun diet yang dimaksud di sini adalah diet yang tinggi vitamin dan mineral.

Mulailah dengan menyingkirkan kebiasaan mengonsumsi makanan olahan dan ganti dengan makanan sehat seperti sayur, buah, ayam, daging tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, serta susu rendah lemak. Selain itu, batasi pula asupan garam Anda karena bisa membuat perut mengalami kembung dan pembengkakan.

Menggunakan Korset

Penggunaan korset setelah melahirkan bisa membantu untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada perut serta mendorong otot-otot dan jaringan perut kembali kebentuk semula. Gunakanlah korset praktis atau dengan melilitkan kain ke perut hingga 3 bulan ke depan.

Selain membuat perut menjadi lebih rata, cara seperti ini juga membantu untuk memperbaiki bentuk punggung. Teknik seperti ini bahkan sangat dianjurkan untuk dilakukan pada minggu-minggu awal pasca melahirkan.

Menyusui Bayi

Menyusui merupakan cara alami yang paling efektif untuk mengurangi ukuran perut Anda setelah melahirkan. Selain bagus untuk memberikan antibodi pada bayi, menyusui juga akan membantu untuk menciptakan ikatan emosional dan fisik antara ibu dan bayi.

Selain itu, ASI juga sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Hal in sangat dimungkinkan mengingat aktivitas menyusui sama dengan membakar kalori hingga 500 sehari. Menyusui juga akan merangsang kontraksi pada rahim yang kemudian membuat ukuran dari uterus menyusut seperti sebelumnya.

Hindari Aktifitas yang Berat

Tips mengecilkan perut setelah melahirkan akan berjalan efektif jika Anda bisa mengurangi aktifitas yang berat. Setidaknya tunggulah hingga sang bayi sudah berusia 2 bulan.

Jangan terpacu untuk melakukan olahraga yang berat hanya untuk bisa menurunkan berat badan dengan segera. Olahraga yang terlalu keras dan dilakukan di awal masa melahirkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Jika sudah demikian, maka produksi ASI akan ikut terganggu. Sebaiknya mulailah dengan kegiatan fisik yang ringan seperti bersepeda, jogging, atau berenang. Secara bertahap, tingkatkan intensitas latihan Anda.

Aerobik dan Ketahanan

Ada banyak wanita yang melakukan kesalahan dengan fokus pada latihan pengencangan perut setelah melahirkan.

Padahal, latihan ketahanan dasar merupakan cara yang paling efektif untuk segera membakar kalori. Latihan ketahanan dasar itu meliputi berjalan, berlari, bersepeda, jogging, dan berenang.

tips mengecilkan perut setelah melahirkan

Jogging, Latihan Dasar untuk Membakar Kalori
© Leandro Crespi Nuñez/depositphotos.com

Nah, setelah menerapkan latihan dasar itu, maka dalam beberapa minggu kandungan lemak di dalam tubuh akan rontok dengan sendirinya. Selanjutnya, fokuslah pada latihan yang mengencangkan perut seperti sit up atau crunches.

Jika Anda bisa menggabungkan latihan tersebut dengan latihan ketahanan, maka bentuk perut Anda akan segera menjadi ramping.

***

Sekian tips mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa kami berikan. Pastikan untuk tidak terlalu memaksakan diri dalam melakukan diet ataupun olahraga, apalagi jika kondisi Anda belum terlalu fit.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment