≡ Menu

Tips Menurunkan Berat Badan 10Kg dengan Cepat

Kegemukan atau obesitas merupakan masalah kesehatan yang sepertinya sudah menjadi musuh bersama bagi kebanyakan orang. Selain membuat penampilan kurang menarik serta menurunkan kepercayaan diri, tubuh yang gemuk juga sangat beresiko untuk terkena penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes atau serangan jantung.

Baca: Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan

Bukanlah pekerjaan yang mudah untuk menurunkan berat badan. Aneka obat serta berbagai program diet yang dilakukan tidak serta merta bisa memberikan hasil yang memuaskan. Diperlukan usaha yang ekstra serta motivasi yang lebih besar agar bisa menurunkan berat badan secara optimal.

Bagi Anda yang mengalami masalah seperti ini, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips menurunkan berat badan 10 kg secara alami berikut ini:

Kurangi Porsi Makan Besar

Makan Besar

Prinsip dasar dalam menurunkan berat badan adalah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh melebihi dari jumlah kalori yang akan digunakan oleh tubuh.

Ketika kelebihan kalori dialami oleh tubuh, maka terjadilah kegemukan. Hal ini disebabkan karena kalori yang berlebih tersebut hanya akan menjadi timbunan lemak, khusunya pada perut. Oleh karena itu bagi mereka yang memiliki berat berlebih pasti juga akan memliki perut yang lebih besar. Penimbunan lemak ini juga sering terjadi pada bagian paha dan pantat.

Untuk itu, sangat penting dalam mengatur konsumsi kalori Anda. Secara normal, tubuh manusia membutuhkan kalori antara 1500 kal hingga 2000 kal. Ketika Anda makan dalam porsi yang besar, maka tubuh akan mendapat asupan kalori sekitar 600 – 800 kal. Oleh karena itu, usahakan agar makan dalam porsi besar cukup sekali dalam sehari. Sisanya, Anda bisa mengkonsumsi sayur atau buah sebagai pengganti makanan.

Konsumsi nasi sebaiknya hanya saat siang hari karena nasi memiliki kandungan kalori yang sangat besar. Kebiasaan untuk memasukkan nasi dalam menu makan malam hanya akan membuat tubuh Anda semakin mudah untuk menjadi gemuk.

Namun jika konsumsi nasi tidak bisa dihindari saat malam hari, usahakan agar tidak lebih dari 6 sendok makan saja. Konsumsilah buah dan sayur karena kandungan seratnya juga bisa membuat perut menjadi kenyang dalam waktu yang lama. Nasi merah juga bisa menjadi alternatif karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Makanan Rendah Kalori

Tips menurunkan berat badan 10 kg selanjutnya adalah dengan mengganti menu makanan menjadi makanan yang rendah kalori. Hal ini bukanlah sesuatu yang rumit, karena ada begitu banyak swalayan yang menyediakan makanan yang rendah kalori, misalnya roti gandum.

Selain itu, perhatikan nilai kalori per sajian pada setiap cemilan yang Anda beli. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mengontrol konsumsi kalori sehari. Kurangi juga kebiasaan untuk meminum minuman yang manis karena kandungan kalorinya sangatlah tinggi.

Kurangi Makanan Berlemak

Makanan Berlemak

Lemak jenuh sangat sulit untuk diurai oleh tubuh, sehingga hanya akan disimpan menjadi lemak dan membuat tubuh menjadi gemuk. Oleh karena itu, hindarilah makanan yang memiliki lemak jenuh yang sangat besar seperti daging, jeroan, gorengan, dan makanan sejenisnya. Konsumsilah makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti tahu, tempe, dan kedelai.

Pilih Cemilan Sehat

fitbar

Cemilan pada umumnya memiliki jumlah kalori yang sangat tinggi, dan hal ini sering tidak disadari. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengkonsumsi cemilan, Anda tetap bisa menurunkan berat badan 10 kg tanpa menghilangkan kebiasaan ngemil dengan memilih cemilan yang memiliki kalori rendah.

Baca: Tips Ngemil, Tapi Tetap Langsing

Cemilan berkalori rendah sering ditandai dengan bahan dasarnya yang terbuat dari kedelai. Namun bagi Anda yang tidak bisa menghilangkan hobi ngemil, tidak ada salahnya untuk mengganti cemilan dengan buah-buahan seperti apel atau belimbing. Untuk buah-buahan, hindari mengkonsumsi durian karena memiliki kandungan lemak yang banyak.

Perbanyak Olahraga

Cara yang terakhir adalah dengan berolahraga. Rutin melakukan olahraga minimal 30 menit sehari akan membuat proses penurunan berat badan lebih cepat. Olahraga sederhana seperti jogging atau berseda dapat membakar sekitar 300 hingga 400 kalori. Bayangkan jika Anda melakukannya selama 1 jam, maka Anda akan membakar kalori hingga 800 kal.

Secara keseluruhan, olahraga yang rutin akan memberikan kontribusi sekitar 40% dalam proses penurunan berat badan. Selain memiliki berat yang ideal, Anda juga akan mendapatkan tubuh yang sehat bugar.

***

Ketika berat tubuh yang diinginkan sudah didapatkan, saatnya Anda fokus untuk mempertahankan berat tersebut. Misalnya ketika melakukan tips menurunkan berat badan 10 kg Anda hanya 1 kali makan besar, maka untuk mempertahankan berat badan Anda bisa makan besar sebanyak 2 kali.

{ 35 comments… add one }
  • mahendra rizky bintang ramadhan Saturday, 15 July 2017, 17:07

    Ya akan saya coba

  • hani Friday, 24 February 2017, 14:11

    gimana caranya supaya cepet turun ya,,,,,,,,,,,

  • Roberdo Dokkoh Monday, 30 January 2017, 23:04

    Berat badan saya skrng.85;Kg
    Gimana sih cara cepat untk menurunkan berat badan ini

  • ahmad fahrozi Sunday, 1 January 2017, 14:18

    Gmna si cara nyaa nurunin berat badan yg gemuk ini

  • Ayu Tuesday, 27 December 2016, 12:08

    Dulu sempet kurus jalaninnya smnjk udh puas ga diet lg jd lebar lagi. Skrg mulai diet lagi . Semangat yang lagi diet :D

  • Aliah adaana Monday, 28 November 2016, 15:56

    Aku mahu menurunkan berat tapi tk boleh tahan makan. Tolong berikan aq tips makanan diet

  • Bram ed Sunday, 27 November 2016, 00:56

    Berkat diet makan sekali sehari berat saya skrg sdh 75 kg Dari yg tadinya tembus 100 kg

  • putrii Monday, 3 October 2016, 12:47

    Makasihh . SY akan cobaa :-)

  • Meta Monday, 3 October 2016, 00:56

    Aku mau coba lah ..
    Mudah mudahan

  • mr.macho Friday, 23 September 2016, 07:03

    kno turun berat badan la nk jdi olahraga gkkk…nk g main…haha

  • Riska Ayu Thursday, 22 September 2016, 11:29

    itu olahraga ya itu harus kah sehari 30 menit?
    yang sibuk gimna tuh ka? susah olahraga kalo kitapun sibuk kerja dan kuliah susah sekli berolahraga nya tuh kaka?

  • santika dewi Tuesday, 6 September 2016, 18:58

    Aq mw nanya nihh..
    Gmna cra’a ngcilin lerut&dagu dngn cepat y ?

  • nisa Friday, 2 September 2016, 02:46

    Oke aku turun 9kilo thanks

  • dewi Thursday, 1 September 2016, 21:48

    Aq uda lakukan cara ini tp untuk turun 1kg btuh wktu 1 mingguan , pkok 1 bulan turun 3kg . Aku uda kurangin mkan , skrng aq makan hnya 3 sendok saja dan tidk mnum yg bersoda dan tdk makan grengan berlebihan, tp mlsahnya knpa trun bb saya tdk bisa cpt misalnya 1 kg dlm sehari.. tp aq ttp sabar dan konsisten kog thanks ya info nya

  • arifaldiano Thursday, 11 August 2016, 18:35

    Thanks infonya.nanti aku pakai saran ini

  • hilda linda Tuesday, 26 July 2016, 13:20

    Bagaimana hendak memgurangkan berat badan dengan cepat,dah pelbagai ubat saya cuba tetapi semua tidak berkesan dan makin membuat saya bertambah besar..people can help me????

  • Friska Adel Thursday, 14 July 2016, 17:25

    mkasih infonya

  • veline valesyia Sunday, 10 July 2016, 18:15

    Wah kayak nya boleh juga dicoba supaya langsing nama ku velin umur 12 tahun berat ku 42 kg pengen cobain supaya jadi 25 kg ga pd soalnya

  • Nindy Saturday, 11 June 2016, 23:16

    Alhamdulillah udah turun 3 kg dalam 4 hari ☺

  • Intan Friday, 27 May 2016, 11:46

    Bisa kurus abis brp paket

  • nabila hanif Monday, 16 May 2016, 08:10

    Terima kasih atas perkongsian maklumat itu. Insyallah saya akan cuba lakukan….

  • Vulcanica Clarra Tuesday, 3 May 2016, 19:10

    Thanks infonya

  • diah Sunday, 1 May 2016, 10:31

    Mksih ya tips nya, berkat tips nya ku berhasil nuruni 5 kg????

  • olivia elfrida hutasoit Friday, 8 April 2016, 08:40

    Bermanfaat :) thnks

  • lisa Thursday, 7 April 2016, 18:42

    mau coba dech,thx infonya

  • Viely Sunday, 13 March 2016, 15:01

    Thnks ya . berat 40 turun hingga 29 :)) .

  • tama fitria ningsih Sunday, 14 February 2016, 14:02

    coba akan aku coba

  • caseytangkilisan Friday, 15 January 2016, 16:08

    Trimakasih,,saya casey umur 13 tahun,setelah saya coba tips ini,berat badan saya dari 40 berubah menjadi 30:)

  • melly Sunday, 10 January 2016, 09:42

    makacih yah saya dari 50 jdi 35

  • july Friday, 4 December 2015, 11:48

    masih saja gmuk

    • veline valesyia Sunday, 10 July 2016, 18:13

      Kalo ga ada komitmen ya ga bisa emang diet bapak loe ga ada komitmen bisa kurus semua cewek jg mw langsing emang lo doang
      Yang mw kurus semuanya juga lagi

  • vika Thursday, 19 November 2015, 22:31

    Thanks,aku akan coba

  • Yolla Thursday, 19 November 2015, 21:57

    Terima kasih atas informasinya :)

  • nabila Thursday, 24 September 2015, 14:12

    Udah sering coba tapi masih tetap gemuk :-(

  • moch.raffi febrian Wednesday, 3 June 2015, 01:28

    terima kasih atas infox

Leave a Comment