≡ Menu

Tips Mudah Mengatasi Wajah Kusam dengan Bahan-Bahan Alami

Tips mudah mengatasi wajah kusam bisa Kamu terapkan sendiri di rumah dikarenakan bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk didapatkan. Hanya saja, banyak orang yang mengabaikan hal ini dikarenakan merasa malas dan selalu menginginkan hasil yang instan.

Baca juga: Beginilah perawatan wajah ala korea

Perlu dipahami bahwa wajah yang kusam disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati, kurangnya pasokan air, dan juga karena perawatan wajah yang buruk. Apabila hal ini sudah terjadi, maka kepercayaan diri bisa hancur hanya dikarenakan masalah kekusaman.

Tips Mudah Mengatasi Wajah Kusam

Selain itu, pola makan yang buruk juga bisa mempengaruhi kondisi lemak di dalam tubuh yang nantinya berdampak pada wajah yang akan tampak semakin kusam. Pemakaian kosmetik yang kurang tepat juga bisa menjadi pemicu mengapa wajah seseorang bisa tampak sangat kusam.

Perawatan wajah kusam

Perawatan wajah kusam

Nah, untuk mengatasi hal ini, ada beberapa langkah mudah yang bisa Kamu lakukan. Kami menganggap hal ini sangat mudah dikarenakan metode perawatannya yang memanfaatkan bahan-bahan alami yang selain mudah untuk didapatkan, juga memiliki harga yang sangat terjangkau.

Salah satu cara yang bisa Kamu tempuh adalah dengan menggunakan masker berbahan alami. Penggunaan dari masker itu sendiri memiliki fungsi untuk mengelupas kulit-kulit mati sehingga bisa menjadikan wajah terlihat lebih cerah.

Baca juga: Perawatan kecantikan wajah tradisional Indonesia

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Berkat kandungan vitamin E di dalam minyak zaitun memungkinkannya untuk menjadi antioksidan alami sehingga bisa menangkal oksidasi yang merupakan penyebab utama kerusakan sel.

Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara mengkonsumsi minyak zaitun secara langsung ataupun dengan mengoleskannya sebagai masker pada wajah.

Daun Seledri

daun seledri

daun seledri

Menggunakan daun seledri untuk mengatasi wajah kusam sama halnya ketika menggunakan masker biasa. Caranya dengan menyiapkan 1-2 genggam daun seledri, lalu cuci bersih.

Kemudian potong daun seledri tersebut menjadi bagian-bagian kecil dan rebus.

Setelah mendidih, angkat dan diamkan daun seledri hingga dingin secara sempurna.

Terakhir, gunakanlah daun tersebut sebagai bahan masker dan biarkan airnya meresap dengan sempurna ke dalam wajah Kamu.

Bengkoang

Bengkoang

Bengkoang

Bengkoang memiliki sifat yang bisa mendinginkan kulit sehingga bisa sangat efektif dalam urusan mengatasi kekusaman. Selain itu, bengkoang juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan wajah secara alami.

Hal ini sangat dimungkinkan karena bengkoang memiliki kandungan yang menghambat pembentukan melanin, sehingga pigmentasi yang diakibatkan oleh sinar matahari, kulit mati, ataupun perubahan hormon bisa dikurangi atau dicegah.

Selain itu, kandungan vitamin C, flavonoid, dan saponin di dalam bengkoang juga bisa membantu untuk mencegah radikal bebas.

Hindari Begadang

Tips mudah mengatasi wajah kusam selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan begadang. Istirahat yang baik itu sendiri adalah dengan tidur selama 7-8 jam setiap harinya.

Apabila Kamu memiliki kebiasaan begadang atau tidur terlalu larut malam, maka tidak heran jika wajah Kamu akan cepat mengalami kekusaman. Kondisi ini disebabkan karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal di dalam tubuh yang diakibatkan karena kurang istirahat.

Perhatikan Makanan

Sayur dan Buah

Sayur dan Buah

Agar bisa terhindar dari wajah kusam, maka perhatikanlah pola makan Kamu. Sebaiknya konsumsi makanan yang memiliki gizi cukup seperti buah dan sayuran berdaun hijau.

Perlu dipahami bahwa asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat berpengaruh terhadap penampilan fisik Kamu, apalagi jika Kamu memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak.

Perbanyak Asupan Air

Konsumsi air yang cukup bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan serta menghindari terjadinya kulit kering. Untuk itu, konsumsilah 8 gelas air perhari agar komposisi cairan di dalam tubuh Kamu seimbang. Selain itu, Kamu bisa juga mendapatkan kulit yang sehat dengan rajin mengkonsumsi air kelapa.

***

Nah, itulah sedikit tips mudah mengatasi wajah kusam yang sebenarnya bisa diterapkan dengan mulai membiasakan diri Kamu untuk megatur pola hidup menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment