≡ Menu

Tips Ngemil, Tapi Tetap Langsing

Memiliki tubuh yang gemuk tentu menjadi ketakutan tersendiri bagi kebanyakan orang, terutama bagi wanita.

Kegemukan atau obesitas bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti faktor genetika atau keturunan, metabolisme tubuh yang terganggu, atau faktor gaya hidup.

Gaya hidup yang terbiasa ngemil adalah salah satu pemicu terjadinya kegemukan. Ngemil sendiri adalah sebuah kebiasan memakan makanan kecil atau cemilan di luar jam makan.

Pengertian cemilan sendiri bukan berarti sesuatu yang bisa dikunyah, tapi juga sesuatu yang bisa diminum. Kebiasaan ngemil bisa terjadi ketika sedang melakukan aktivitas atau saat tidak melakukan kegiatan sama sekali.

Ngemil tentu bukanlah sesuatu yang salah, karena terkadang memang ada rasa lapar yang timbul sebelum waktu makan tiba. Hal inilah yang mendorong keinginan untuk selalu memakan makanan ringan. Rasa lapar yang muncul merupakan sebuah pertanda bahwa tubuh sedang membutuhkan energi agar bisa melanjutkan aktifitas.

Ketika rasa lapar muncul di luar jam makan, maka cemilan akan berperan dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini bisa saja dilakukan asalkan tetap ada kontrol dalam hal menghitung serta mengukur kebutuhan kalori yang ada dalam cemilan yang dikonsumsi.

Bagi mereka yang memiliki kebiasaan ngemil, mengurangi atau menghentikan kebiasaan ini tentu bukanlah perkara yang mudah. Oleh karena itu, sebaiknya hindarilah jajanan yang memiliki kalori tinggi, karena hal ini bisa berpengaruh pada berat badan. Selain itu, diperlukan juga sebuah pengendalian diri dalam menjalani hobi ngemil ini.

Tips Ngemil Sehat

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan seperti ini dan tidak bisa menghilangkannya, berikut kami berikan tips ngemil tapi tetap langsing yang bisa Anda coba.

1 Pada dasarnya, kebiasaan ngemil bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan atau berdiet. Cemilan sering dijaddikan sebagai makanan pengganjal perut yang tentu saja akan menunda rasa lapar serta mengurangi nafsu makan. Namun kebiasaan ngemil harus dilakukan di saat yang tepat, serta harus dengan komposisi serta porsi yang tidak lebih dan usahakan untuk memilih cemilan yang rendah kalori.

fitbar

2 Pilihlah jenis makanan yang berprotein tinggi karena berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Protein tinggi bisa didapatkan dari makanan berjenis kacang-kacangan atau cemilan yang menggunakan kacang sebagai bahan dasarnya.

Baca: Pola Makan Diet yang Tepat, Menuju Berat Ideal

3 Hindarilah jajanan yang memiliki kandungan lemak, kolesterol, serta kalori tinggi seperti gorengan. Makanan yang diolah dengan cara dibakar atau direbus bisa dijadikan sebagai pengganti gorengan. Selain itu, Anda juga bisa memilih makanan yang berbahan dasar gandum.

Baca: Menu Diet Rendah Kolesterol, Diet Sehat Ringan dan Mudah

4 Kebiasaan ngemil dengan cemilan berkalori tinggi bisa diganti dengan menggunakan cemilan yang sehat seperti sayur atau buah. Sayur dan buah bisa diolah menjadi jus atau salad sehingga membuat Anda tertarik untuk mengkonsumsinya.

Baca: Macam-Macam Buah Untuk Mendukung Diet Sehat Alami

**

Demikianlah tips ngemil tapi tetap langsing yang bisa Anda coba. Kebiasaan ngemil bukan berarti menghalangi Anda untuk bisa memiliki tubuh yang langsing, tapi pilihlah cemilan yang sehat serta perhatikan jumlah kalorinya.

{ 4 comments… add one }
  • verra yuliarti Monday, 12 December 2016, 13:01

    saya udah lari seharian.. trus makan aja udah aku kurangin makan kentang rebus setiap hari.. tpi tetap aja masih gemuk.. saya mau turun 30 kg

  • youZsa267 Thursday, 23 June 2016, 11:21

    Yg trpnting niat dlu klo kt mu kurs.aq jga lg progm diet si tdiya brt bdan q 71 dn skrg 66 dlm wktu 6 bln targety mcpai BBi 62 kg ja ko.tu ja sumpah prjuangan y krs bgt tp kn bt aq jga.atur pola makn yg shat aq ga makn manis,garam,brminyk.dn byk minum air pth ga yg brsoda y.olohraga angkt bbn brat dn lari ja.cma kdag da si slingkh makanan cma bistu lgsung olahraga.

  • reni setiawati Sunday, 29 May 2016, 20:15

    Apa suntik kb bisa menaikan berat badan

  • siti sadiah Wednesday, 3 February 2016, 12:38

    saya mau berat badan saya turun 25 klilo

Leave a Comment