≡ Menu

Inilah DIa Gaya dan Trend Busana Muslim 2016

Pada dasarnya, setiap tahun terjadi perubahan secara besar-besaran dalam industri fashion, termasuk dalam fashion muslim. Untuk trend busana muslim 2015, terdapat perubahan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Perubahan yang terjadi ini tidak terlepas dari kebutuhan para masyarakat muslim yang juga sangat beragam.

Selain ditentukan oleh para konsumen, para desainer juga memiliki andil besar dalam menciptakan trend, terutama para desainer muda. Untuk tahun ini sendiri, trend busana muslim terbilang sangatlah beragam, mulai dari pakaian yang bersifat formal, hingga pakaian muslim yang bisa dikenakan untuk aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu menjadi elemen positif bagi konsumen Indonesia yang memang mayoritas islam.

Para pengamat mode islam saat ini sepakat untuk menyebut bahwa tren busana muslim saat ini lebih condong pada arah yang lebih sederhana. Trend ini diaplikasikan melalui busana-busana yang memiliki penampilan lebih simpel sehingga bisa menghasilkan kesan minimalis namun tetap elegan. Akan tetapi, terlepas dari apapun jenis model dan tren yang sedang berkembang, aspek syar’i tetaplah menjadi poin utama.

Tren busana muslim 2015 5

Tren busana muslim 2015 6

Berkaca pada trend busana muslim 2014, aroma tradisional tampaknya masih menjadi bagian yang tak terpisahkan. Tradisi yang kental dengan budaya Indonesia seperti batik dan kain tenun masih akan menjadi pilihan utama.

Seorang desainer bernama Iva Latifah juga mengakui hal ini, bahwa kesan tradisi dari bangsa kita sendiri tidak akan hilang sekalipun trend dari fashion itu sendiri berubah tiap tahunnya, termasuk untuk busana muslim.

Tren busana muslim 2015  casual 1

Tren busana muslim 2015  casual 22

Untuk busana muslim yang pengguaanya bersifat sehari-hari, trend tahun 2015 juga tetap dalam konteks yang minimalis. Artinya, desain baju muslim yang menonjolkan kecerahan dari pemilihan warnanya akan mulai ditinggalkan.

Selain itu, trend dengan penggunaan aksesoris juga dianggap sebagai hal yang merepotkan dan membuat penampilan terasa tidak nyaman. Hal seperti ini dimaksudkan agar penggunaan baju muslim bisa lebih fleksibel mengingat padatnya rutinitas yang dijalankan.

Tren busana muslim 2015 Hard Soft

Tren busana muslim 2015 Soft

Untuk pemilihan bahan, tren tahun 2015 juga masih tetap menggunakan bahan-bahan yang nyaman seperti kain katun, chiffon, dan satin. Pada dasarnya, pemilihan bahan untuk busana muslim tidak akan pernah berubah jauh, mengingat kondisi suhu di Indonesia yang panas.

Bahan-bahan seperti itu termasuk bahan yang tahan terhadap kondisi panas serta mampu menyerap keringat lebih cepat. Sementara untuk pemilihan warna, penggunaan warna-warna pastel diprediksi akan menjadi pilihan utama bagi masyarakat.

**

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa trend busana muslim 2015 akan diramaikan oleh busana-busana dengan penampilan yang sederhana namun tetap menonjolkan sisi elegan dari pemakainya, khususnya bagi kaum muslimah.

Selain model dari busana itu sendiri, alangkah baiknya jika memilih pakaian pakaian dengan bahan tebal dan longgar. Hal ini bertujuan agar lekuk tubuh tidak terlalu ditonjolkan dan tidak menimbulkan efek transparan saat dipakai.

Terlepas dari apapun model yang nantinya akan berkembang, kenyamanan serta unsur-unsur yang sesuai dengan syariat agama adalah hal yang harus diutamakan. Semoga informasi mengenai trend busana muslim 2015 ini bisa menjadi referensi bagi Anda untuk menentukan pilihan dalam berbusana tahun ini.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment