≡ Menu

Tujuh Makanan Berserat Terbaik untuk Diet dan Pencernaan

Salah satu kunci utama agar mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan menjaga asupan makanan kita. Selain vitamin dan mineral, ada elemen lain yang juga patut diperhatikan dalam menu makanan Anda, yaitu serat.

Serat memiliki fungsi untuk merangsang kinerja saluran usus sehingga bisa lebih optimal dalam membuang kotoran yang ada di dalam tubuh. Jika tubuh Anda kekurangan serat, maka kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh akan mengendap, yang kemudian menjadi racun.

Baca juga: Rahasia Kuruskan Badan, Paha, Lengan, dan Pipi Secara Alami

gambar makanan berserat terbaik untuk pencernaan dan kesehatan

gambar makanan berserat terbaik untuk pencernaan dan kesehatan

Makanan Berserat Terbaik

Apakah Anda sering kesulitan saat hendak buang air besar?

Jika ya, berarti Anda kekurangan serat. Nah, sebagai upaya untuk menciptakan tubuh yang sehat dan kuat, pastikan agar menu makanan Anda memiliki sumber serat yang cukup. Serat itu sendiri sangat mudah ditemukan di dalam buah dan sayur.

Lantas, jenis buah dan sayur seperti apakah yang mengandung banyak serat? Berikut diantaranya:

Buah Kiwi

Jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan yang lain, buah kiwi adalah sumber serat tertinggi. Untuk itu, jadikanlah buah kiwi ini sebagai cemilan sehari-hari. Selain rasanya yang enak, buah kiwi sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan serat harian Anda.

buah kiwi bagus untuk pencernaan

buah kiwi bagus untuk pencernaan

Buah Alpukat

Bukan hanya kaya akan serat, namun buah alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa membantu untuk mengurangi resiko penyakit jantung serta menurunkan kolesterol. Terlebih untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, buah alpukat bisa memberikan Anda sensasi kenyang yang lebih lama dan menyuplai serat dengan cukup.

Baca juga: Pola Makan Diet yang Tepat

Kacang Merah

Selain buah kiwi dan alpukat, Anda bisa juga menjadikan kacang merah sebagai sumber serat. Kacang jenis ini sangat terkenal dengan kandungan protein dan zat besi yang terbukti berdampak positif bagi kesehatan. Bahkan banyak binaragawan yang menjadikan kacang merah sebagai sumber protein alami.

Buncis

Makanan berserat terbaik selanjutnya adalah buncis. Disamping memiliki serat yang tinggi, buncis juga memiliki antioksidan yang bisa membantu untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

buncis memiliki antioksidan yang bagus dan mudah didapatkan

buncis memiliki antioksidan yang bagus dan mudah didapatkan

Antioksidan di dalam buncis ini juga bisa membantu untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

Jagung

Jagung merupakan makanan yang sangat terkenal akan kandungan karbohidratnya sehingga sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Namun dibalik itu, jagung ternyata juga memiliki serat yang tinggi.

Anda bisa menikmati jagung dengan berbagai varian seperti direbus, dibakar, atau dijadikan sebagai popcorn yang tentu saja akan membuat Anda lebih tertarik untuk mengonsumsinya.

Kacang Polong

Kacang polong adalah sumber serat yang murah, lezat dan juga serbaguna. Anda bisa menjadikan kacang polong sebagai cemilan, campuran nasi goreng, ataupun campuran makanan lainnya.

Untuk 1 cangkir kacang polong, terdapat sekitar 16,3 gram serat. Sementara untuk 1 cangkir kacang polong beku, ada sekitar 8,8 gram serat di dalamnya apabila sudah dimasak.

Oatmeal

Di dalam oatmeal terdapat beta glukan, sebuah serat tipe khusus dengan efek menurunkan kolesterol yang begitu kuat. Serat tipe ini juga bisa membantu untuk meningkatkan sistem imun.

oatmeal biasanya untuk sarapan, membantu pencernaan pagi hari

oatmeal biasanya untuk sarapan, membantu pencernaan pagi hari

Tingginya kandungan serat di dalam oatmeal, maka tak heran jika banyak orang yang mulai menjadikannya sebagai menu sarapan setiap hari. Selain itu, oatmeal juga bisa membuat jantung menjadi lebih kuat sehingga menurunkan resiko penyakit jantung itu sendiri.

***

Selain kaya akan kandungan serat, makanan-makanan di atas juga tergolong gampang didapatkan sehingga sangat memudahkan dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan serat setiap harinya.

Agar tidak membosankan, maka konsumsilah makanan berserat terbaik di atas secara bergantian. Dengan menjaga asupan serat, maka tubuh Anda pun akan ikut menjadi lebih sehat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment