≡ Menu

Tutorial Bagaimana Cara Memakai Kondom Wanita

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kehamilan serta mencegah penularan dari berbagai penyakit menular. Meskipun tidak dijamin 100% aman, namun kondom merupakan alat yang paling sering digunakan saat berhubungan intim.

Selama ratusan tahun lamya kondom hanya diperuntukkan bagi pria, namun kini industri farmasi berhasil menciptkan kondom untuk wanita.

Kondom ini merupakan tabung plastik berbentuk silinder yang nantinya ditempatkan pada bagian vagina. Kondom ini sendiri cukup efektif untuk mencegah kehamilan serta mengurangi resiko dari penyebaran penyakit.

Kondom Wanita

Kondom Wanita

Mengenal Kondom Wanita

Kondom wanita memiliki dua cincin yang terdapat pada tiap ujungnya. Pada ujung yang pertama, ditempatkan pada bagian dalam vagina. Sementara ujung yang satunya berada pada bagian luar vagina.

Kondom ini bekerja dengan cara menutup bagian dalam vagina lalu menampung semua sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi. Selain mencegah kehamilan, kondom ini juga sangat baik untuk mengurangi resiko penyebaran penyakit karena bagian dalam vagina ataupun anus bisa terutupi.

Saat ini banyak wanita yang mulai menggunakan kondom ini dikarenakan harganya yang murah serta tidak memerlukan resep dokter. Selain itu, kondom wanita juga tidak memiliki kandungan hormon yang biasanya membuat wanita menjadi alergi.

Manfaat Kondom Wanita

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara memakai kondom wanita, ada baiknya jika Anda mempelajari terlebih dahulu mengenai apa saja manfaat dari kondom wanita.

  • Perempuan ikut berperan dan bertanggung jawab dalam usaha mencegah terjadinya penularan penyakit saat berhubungan intim.
  • Sangat mudah untuk didapatkan dan tanpa memerlukan resep dari dokter.
  • Sang pria bisa memasangkan kondom wanita sebagai salah satu langkah fore play sebelum berhubungan intim.
  • Kondom wanita cocok bagi wanita yang alergi terhadap bahan lateks.
  • Dapat digunakan dengan minyak pelumas dan tidak akan merusak kondom.
  • Tidak berdampak negatif terhadap hormon alami wanita.
  • Bisa meningkatkan kenikmatan karena adanya cincin eksternal yang berfungsi untuk menstimulasi klitoris ketika bercinta.
  • Kondom ini tetap melekat pada vagina sekalipun penis berhenti melakukan ereksi.

Meskipun demikian, penggunaan kondom wanita masih memiliki beberapa resiko seperti iritasi pada vagina dan penis.

Selain itu, kondom wanita menimbulkan suara yang berisik ketika sedang berhubungan intim sehingga bisa menganggu suasana yang romantis. Apabila digunakan secara kurang hati-hati, maka bisa saja kondom ini tertinggal di dalam vagina.

Kondom perempuan itu sendiri mampu mencegah kehamilan hingga 95% jika digunakan secara benar. Namun jika terdapat kesalahan dalam penggunaannya, maka potensi terjadinya kehamilan bisa menjadi 21%.

Efektifitas dari kondom wanita akan semakin meningkat jika Anda menggunakan spermisida atau apabila sang pria bisa mencabut penisnya keluar dari vagina beberapa saat sebelum terjadinya ejakulasi.

Cara Memakai Kondom Wanita

Dikarenakan jenis alat kontrasepsi ini tidak begitu familiar, maka masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan kondom ini. Berikut beberapa langkah dalam memakai kondom wanita secara benar dan tepat:

  1. Buka kemasan kondom dengan menggunakan tangan. Pastikan untuk melakukannya secara hati-hati karena kuku Anda bisa saja menyobek kondom.
  2. Sebelum memasang pada vagina, perhatikanlah bagian ujungnya. Untuk ujung yang lebih lebar (outer ring), tempatkan pada bagian luar vagina. Sementara ring yang lebih kecil (inner ring) ditempatkan pada bagian dalam.
  3. Pegang bagian ujung kondom yang tertutup dengan menggunakan salah satu jari Anda hingga membentuk angka delapan. Setelah itu, tangan yang satunya digunakan untuk membuka bagian bibir vagina.
  4. Setelah itu, masukkanlah kondom ke dalam vagina dengan menggunakan ujung yang tertutup pada bagian dalam.
  5. Kemudian dorong kondom wanita dengan menggunakan jari telunjuk hingga masuk lebih dalam lagi.
  6. Anda bisa merapikan kondom ini dengan memasukkan jari ke dalamnya.
  7. Terakhir, cabut kondom secara perlahan ketika Anda sudah selesai. Pastikan untuk menutup rapat-rapat bagian outer ring sehingga sperma tidak keluar.

**

Nah, itulah beberapa informasi serta cara memakai kondom wanita yang benar. Semoga bisa menjadi tambahan referensi sekaligus menjadi hal yang baru untuk dilakukan oleh Anda ketika bercinta.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment