≡ Menu

Waspadai 5 Faktor Penyebab Penyakit Radang Panggul Pada Wanita

Perlu Anda tahu bahwasannya penyakit radang panggul ini adalah salah satu jenis penyakit peradangan genital yang juga beberapa jaringan yang ada disekitar peritoneum panggul.

Faktor Penyebab Penyakit Radang Panggul – Peradangan panggul ini bisa saja terjadi disatu bagian atau pun terjadi dibeberapa bagian yang dapat dibagi jadi peradangan kronis dan akut.

Baca juga: Wajib Tahu! Kenali Gejala Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya

“Untuk Anda yang saat ini sedang alami penyakit radang panggul, umumnya akan merasa gejala yang tak nyaman pada bagian tubuh, demam dengan suhu rendah, muncul rasa sakit pada bagian bawah perut, darah menstruasi yang keluar terlalu banyak, keputihan yang bertambah banyak, adanya gangguan pada ovarium, atau bahkan adanya obstruksi saluran tuba yang dapat sebabkan kemandulan”.

Dan saat gejala tersebut mulai dirasa, maka lebih baik Anda segera konsultasikan pada dokter, untuk mendapatkan penangan yang tepat.

Faktor penyebab penyakit radang panggul

Aktifitas kehidupan seksual

Kehidupan seksual atau pun hubungan suami istri dengan penyakit radang panggul ini memang mempunyai ikatan yang cukup erat, sebab selain adanya infeksi primer, ternyata penyakit tersebut juga bisa sebabkan oleh aktifitas seksual yang begitu aktif atau berlebih.

faktor penyebab penyakit radang panggul

Disebabkan oleh seks yang berlebihan

Dan yang paling penting Anda ketahui bahwasannya setiap sperma yang dikeluarkan pria mengandung bakteri, dan bakteri tersebut dapat jadi penyebab utama dari peradangan yang biasanya terjadi di panggul.

Kurang memperhatikan kebersihan hubungan seksual atau hubungan suami istri

Remaja atau pun pasangan suami istri yang baru menikah memiliki resiko terkena penyakit radang panggul yang jauh lebih tinggi, bila dibandingkan dengan orangtua mereka. Dan hal tersebut sudah dijelaskan beradasar analisis para ahli kedokteran di Negara barat.

faktor penyebab penyakit radang panggul

Tidak memperhatikan kebersihan hubungan seksual

Sebab masa produktif dan aktifitas seksual atau hubungan suami istri yang belum tepat juga dikarenakan pasangan seksualnya memang sedang tidak stabil.

Penggunaan alat kontrasepsi di dalam rahim

Biasanya wanita memang menggunalan alat kontrasepsi dalam rahimnya yang ternyata juga memiliki resiko lebih besar lagi untuk terkena penyakit radang panggul.

Sebab jelas sekali jika jenis pengakit satu ini erat kaitannya dengan penggunaan alat kontrasespsi, contohnya saja seperti IUD, yang mana mempunyai ekor yang rentan sekali terhadap radang panggul, bagian ekor kawat memang lembab dan basah, sehingga biasanya dijadikan sebagai penompang kegiatan bakteri.

Riwayat penyakit radang panggul

Resiko penyakit yang satu ini ternyata akan meningkat hingga 2 kali lebih besar lagi bila Anda juga memiliki keluarga yang sebelumnya juga alami penyakit radang panggul.

Pasangan tidak melakukan pengobatan total

Saat Anda alami peradangan pada panggul, maka harus segera diatasi supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan, sebab bila tidak diatasi atau diobati secara tuntas, maka penyakit radang panggul ini dapat berubah jadi penyakit ganas.

***

Demikianlah informasi tentang faktor penyebab penyakit radang panggul yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment